Ir. Nick's Blog

Lebih Dari Sekadar Maklumat...

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

:....:Jana Wang Anda Disini!!

< PENGUMUMAN >
Friday, November 7, 2008

iLmu pEmbersih HATI

Posted by Nik Hakim

Apakah hakikat ilmu yang bermanfaat itu ?



Secara syariat, suatu ilmu disebut bermanfaat apabila mengandungi maslahat dan memiliki nilai kebaikan bagi sesama manusia ataupun alam. Akan tetapi semakin merasakan kedekatan kepada Dzat maha pemberi iLmu, Allah dengan iLmunya ia mungkin meningkatkan darjat kemuliaan dimata manusia, tetapi belum tentu meningkatkan pula di hadapan-Nya.
oleh karena itu, dalam konteks ma’rifat, gambaran iLmu yang bermanfaat itu sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh seorang ahli hikamah “iLmu yang berguna,” ungkapnya “ialah yang meluas di dalam dada sinar cahaya-nya dan membuka penutup hati” seakan memperjelas ungkapan ahli hikamah tersebut, imam Malik bin Anas r.a berkata “iLmu itu bukanlah kepandaian atau banyak meriwayatkan sesuatu, melainkan hanyalah nuur (cahaya) yang diturunkan Alloh ke dalam hati manusia. Adapun bergunanya iLmu itu adalah untuk mendekatkan manusia kepada Allah dan menjauhkannya dari kesombongan diri”.
iLmu itu hakikatnya adalah kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya iLmu Allah tidak ada satu pun makhluk yang dapat mengukur keluasannya.. tidak ada yang luas melainkan ilmuNYA. sesuai dengan firman-Nya, “Katakanlah : kalau sekirannya lautan menjadi tinta untuk menuliskan kalimat-kalimat tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis dituliskan kalimat-kalimat tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula. ” (QS. Al-Kahfi:18:109 ).


1 comments:

PuTeH (* . ~)+ said...

la...
buat la ayat sendirik
ni x copy n phase dr tenet
hek eleh....
baek x yah